cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
Muhammad Abdul Ghofur
Phone
-
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
ISSN : 2303324X     EISSN : 2579387X     DOI : -
Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (JEPK) is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of economics education, entrepreneurship, and economics education.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2" : 8 Documents clear
ANALISIS LITERASI EKONOMI DALAM MEMBENTUK PERILAKU PRODUKTIF MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNTAN Asriati, Nuraini
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p199-212

Abstract

 Abstrak Penelitian ini bertujuan menganalisis pengetahuan ekonomi membentuk kepribadian produktif mahasiswa Magister Pendidikan Ekonomi FKIP dengan target luaran: a) Mahasiswa memiliki wawasan untuk membuka usaha sendiri; b) Rencana Pembelajaran Mingguan literasi ekonomi; dan c) Bahan Ajar tentang literasi ekonomi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan komunikasi langsung dan observasi terhadap sumber data sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan Literasi Ekonomi rata rata sebesar 54,25%  (pengertian produksi 92%, kegiatan ekonomi 82%, fungsi produksi 81%, faktor faktor produksi 65%, kegiatan bidang produksi 55%, kerja sama dalam berproduksi 55%,  jenis produksi 52%, tahap tahap produksi 47%, pembiayaan produksi 47%, hasil produksi 43%, dan pengetahuan keterampilan yang harus dimiliki 32%). Sedangkan kepribadian produktif rata rata sebesar 50% (minat mahasiswa berusaha 22%, bertindak ekonomi 73%, tanggung jawab 75%, percaya diri dalam menjalankan usaha 73%, mengatur anggaran 57%, mengatasi resiko 54%, harapan mencapai target 50% dan kesadaran untuk bekerja 43%). Literasi Ekonomi yang paling dominan berkaitan pengertian produktif  dan kepribadian produktif yang paling dominan tanggung jawab. Kesimpulan penelitian ini: 1) Literasi ekonomi tentang perilaku produsen masih rendah karena masih bersifat teoritis-normatif, belum mencapai ranah substantive-aplikatif; dan 2) Perilaku produktif  masih rendah karena kompetensi kognitiv, kepribadian, psikomotorik dan Internalisasi literasi masih minim. Kata Kunci : literasi ekonomi, perilaku produsen, kepribadian produktif
TECHNOLOGICAL PENDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL AND CREATIVE THINGKING SKILLS SISWA Kodri, Kodri; Budiwati, Neti; Waspada, Ika Putera
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p129-138

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Technological Pendagogical Content Knowledge (TPACK), critical and creative thingking skills siswa dan pengaruh TPACK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 100 siswa dari dua SMA yang menjadi lokasi penelitian yang dipilih secara random. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mendapatkan gambaran TPACK guru ekonomi dan critical and creative thingking skills siswa, regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh TPACK terhadap critical and creative thingking skills siswa. Hasil penelitian menunjukan TPACK guru dan critical and creative thingking skills siswa SMA Negeri di Kota Bandung berada pada kondisi sedang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh TPACK terhadap critical and creative thingking skills siswa. Artinya, jika terjadi peningkatan TPACK guru maka critical and creative thingking skills siswa juga akan meningkat. 
PENDIDIKAN EKOWISATA PADA MASYARAKAT SEKITAR WISATA SUMBER MARON DESA KARANGSUKO Wulandari, Zahwa; Mintarti, Sri Umi; Haryono, Agung
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p151-164

Abstract

Kebutuhan pengunjung dalam berwisata saat ini tidak hanya berwisata tetapi mereka juga ingin mendapatkan pendidikan dari berwisata. Dewasa ini, masyarakat sekitar yang di daerahnya banyak potensi tidak bisa mengembangkan potensi dengan baik sesuai kebutuhan masyarakat atau pengunjung. Selain itu mereka juga tidak bisa memasarkan hasil pengembangan wisata di daerah mereka yang mengakibatkan wisata menjadi sepi pengunjung. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan untuk menambah wawasan ekowisata dan cara pemasarannya pada masyarakat sekitar, melihat efektifitas dalam pembelajaran yang telah dilaskanakan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pengembangan dengan metode Desain Based Reseach. Penelitian didasarkan kebutuhan masyarakat sekitar wisata. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman tentang ekowisata dan cara pemasaran pariwisata pada masyarakat sekitar wisata sumber maron dan pelatihan yang dilakukan sudah berjalan efektif.
ANALISIS PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP TEACHING EFFICACY CALON GURU Solihat, Ai Nur; Nurdianti, Raden Roro Suci
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p121-128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pedagogical content knowledge (PCK), teaching efficacydan pengaruh pedagogical content knowledge (PCK) terhadap teaching efficacy calon guru. Metode yang digunakan yakni survey eksplanatori mencakup populasi mahasiswa tingkat akhir pada FKIP Universitas Siliwangi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap teaching efficacy calon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa calon guru berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 89,47 persen, sedangkan kecenderungan teaching efficacy calon guru berada pada kategori sebesar 86,18 persen. Pedagogical content knowledge (PCK) memiliki pengaruh yang positif pada teaching efficacy sebesar 47,1 persen.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KOMIK UNTUK SISWA DI SMK NEGERI 1 BOJONEGORO Fradani, Ayis Crusma; Astuti, Rika Pristian Fitri
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p111-120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik untuk siswa SMK sebagai media dalam melaksanakan pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan Grog&Gall.Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah subjek ahli yaitu ahli materi, ahli media.Uji coba media pembelajaran ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1Bojonegoro dijurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 3 dimana jumlahnya adalah 36 siswa, pemilihan kelas berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya dan dibantu oleh guru pengampu mata pelajaran produk kratif dan kewirausahaan untuk mengidentifikasi agar sesuai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner berupa lembaran penilaian yang berisi tentang kelayakan media pembelajaran komik yang diberikan kepada validator materi, validator media pembelajaran, serta siswa kelas XI jurusan Otomatisasi Tata Kelola SMK Negeri 1 Bojonegoro. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil dari para ahli dan uji coba media pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bojonegoro jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 3 dimana semua memperoleh skor rata-rata diantara 3,4 < X < 4,2 yang berarti media pembelajaran yang telah dibuat ini layak untuk digunakan.
PENGARUH PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI DI UNIVERSITAS CIPUTRA) Nainggolan, Roma; Harny, Dhia
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p183-198

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh pendidikan entrepreneurship dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya. Populasi penelitian ini sebanyak 334 mahasiswa dan sample yang digunakan 184 mahasiswa. Pengumpulan data dengan angket menggunakan skala likert dan di analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan entrepreneuship secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha sebesar 0,296. Lingkungan sosial secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 0,704. Hasil penelitian ini menjadi masukan bagi Universitas Ciputra untuk memberikan perhatian lebih pada keterlibatan peran keluarga dan dukungan teman supaya mahasiswa memiliki minat berwirausaha.Kata Kunci: lingkungan sosial, entrepreneurship, minat kewirausahaan.
MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI GUIDE DISCOVERY LEARNING MODELS Koryati, Dewi
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p165-182

Abstract

Guided Discovery Learning (GDL) adalah  pengembangan  model discovery learning yang diterapkan secara terbimbing melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan akademik dan non-akademik peserta didik dan pendidik pada mata pelajaran ekonomi.  Proses tindakan dilakukan secara bertahap dalam kegiatan plan, act and observe, serta reflect (action research spiral-cycle).  Pelaksanaan pembelajaran sebanyak 8 kali pertemuan  di kelas X IPS 3 yang berjumlah 30 orang.  Selain itu digunakan juga kelas X ISS-4 untuk pengujian hasil latihan terbimbing penerapan model discovery learning pada pendidik, dengan jumlah subjek penelitian sama dengan kelas tindakan.  Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, jurnal refleksi guru, dan test hasil belajar.  Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan model interaktif  analisis data dari Miles dan Huberman, yang terbagi dalam 3 tahap analisis, yaitu; data reduction, data display, dan conclusion drawing. Kesimpulannya,  guru dapat meningkatkan kompetensi pedagoginya dan hasil belajar peserta didik juga meningkat. Disarankan, agar penerapan model GDL lebih efektif pendidik harus dapat mengelola waktu pembelajaran dengan tepat dan sebaiknya minimal 2 jam pelajaran untuk setiap pertemuan di kelas.
PENGELUARAN PENDIDIKAN BAGI ANAK ANGKAT DI INDONESIA, BENARKAH LEBIH BESAR DARI ANAK KANDUNG? Maulana, Rizky; Ginting, Ika Rahma
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n2.p139-150

Abstract

Stigma has developed in the community that biological children are more loved and favoured by their parents than adopted children. Therefore, this study conducted to analyze the differences in education expenditure between biological and adopted children in Indonesia. Using IFLS 5 data, this study estimates the research model using multiple linear regression methods with OLS estimation. Estimation results show that adopted children get a higher portion of education expenses than biological children. This matter is contrary to the stigma that develops in society. Even though adopted children do not have natural ties with adoptive parents, their educational needs are still considered, even with higher expenditure than biological children.

Page 1 of 1 | Total Record : 8